Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Tuesday, May 21, 2013

How do you like your egg?

Pelajaran pertama saat berkunjung ke sebuah restoran di Amerika, adalah bagaimana cara memesan makanan. Hampir selalu kita bisa menyebutkan sebuah menu memakai nomor urutannya di daftar menu atau menyebutkan namanya. Tapi dari sekian menu yang ada di restoran, bisa dipastikan ada pilihan menu yang harus dipesan sesuai dengan selera orang yang akan menyantapnya. Misalkan, kalau memesan steak atau makanan yang ada daging sapinya, pasti akan ditanya,"How do you like your steak? Pilihan untuk steak ada 3: rare atau agak mentah; medium rare atau setengah matang; dan well done atau matang. Yang sulit itu adalah bagaimana menerangkan selera menyangkut bagaimana telur dimasak. Pertanyaan,"How do you like your egg?", biasanya akan ditanyakan kalau kite pergi ke restoran berupa diner, yang menyajikan makanan berupa sarapan, makan siang dan makan malam.

Pilihan bagaimana telur dimasak itulah yang membuat saya belajar macam-macam istilah menyangkut itu. Awalnya, saat pertama kali saya ditanyakan seorang pelayan,"How do you like your egg?", saya bingung. Wah, saya suka telur yang dicampur putih dan kuningnya, lalu dimasak sampai kering bolak-balik. Karena saya belum tahu istilahnya, jadi akhirnya saya jelaskan ke si pelayan,"I want my egg mix together, then fry until crispy and turn it to fry it again." Lalu si pelayan bilang,"Ah, you want  your egg OVER EASY". Saya percaya sajalah, maklum belum tahu bagaimana rupa si telur nanti. Sewaktu makanan yang kami pesan datang, terlihatlah telur yang ternyata memang yang saya mau. Lalu si pelayan bertanya,"Is this how you want your egg?" Yes, indeed!

Dari situ saya juga belajar kalau telur yang seleranya suami, apa istilahnya. Karena dia suka telur ceplok mata sapi yang kuningnya agak mentah, maka disebutnya SUNNY SIDE UP. Memang kuning telurnya menyerupai matahari yang bersinar. Ayo kita belajar mengenal istilah bagaimana memasak telur:

- Telur ceplok mata sapi      = SUNNY SIDE UP
- Telur ceplok, dicampur dan goreng kering bolak-balik      = OVER EASY
- Telur orak-arik        = SCRAMBLE EGG
- Telur dadar              = OMELETTE
- Telur rebus matang           = HARD-BOILED EGG
- Telur rebus agak mentah   = SOFT-BOILED EGG
- Telur rebus setengah matang    = VERY SOFT-BOILED EGG
(Beda antara soft-boiled egg dengan very soft-boiled egg adalah lama memasaknya. Very-soft boiled egg lebih lama sedikit memasaknya, tapi tidak selama kalau memasak hard-boiled egg)

- Telur rebus berbumbu       = DEVILED EGG
(Jenis masakan telur ini berupa telur rebus matang (hard-boiled egg) yang diambil bagian kuningnya, lalu dicampur bumbu atau potongan daun2an. Jenis telur yang ini tidak akan dijumpai di restoran, karena biasanya disajikan sebagai makanan pembuka di sebuah pesta.)

- Kuning telur            = EGG YOLK
- Putih telur                = EGG WHITE
- Telur kocok             = BEATEN EGG


Gara-gara membicarakan soal memasak telur, jadi kepingin kan? Kalau begitu, silahkan memandangi photo jepretan saya yang mengabadikan telur.




3 comments:

  1. Ya ampuuun ternyata banyak isitilahnya ya...hahaha, ƍäªk spt di sini cm tau ceplok, dadar dan rebus.....tanpa memperhatikan lamanya memasak...thanks Dian buat pengetahuannya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tuh, Na. Aku sengaja mempelajari istilah2 memasak itu, karena kalau ke restoran atau baca menu di jalan, atau mendengarkan dan menonton acara memasak jadi maklum. Senang, aku bisa berbagi pengetahuan tentang memasak telur.

      Delete