Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Sunday, February 17, 2013

Gillette Castle Yang Anggun dan Mengesankan

Berdiri di sebuah bukit tinggi diantara rangkaian perbukitan di yang terkenal sebagai Connecticut River Valley, adalah sebuah bangunan megah dan agung yang terbuat dari batu. Bangunan itu tepatnya berada di puncak tertinggi di bagian paling selatan dari rangkaian perbukitan bernama The Seven Sisters. Gedung itu adalah GILLETTE CASTLE, di kota East Haddam. Istana yang kelihatannya seperti berasal dari jaman Medieval ini, sebenarnya dibangun di abad modern. Seorang aktor bernama William Hooker Gillette merancang istana ini beserta hampir keseluruhan isinya, memiliki dan menempatinya. Bagunannya terbuat dari batu yang berasal dari daerah setempat, yang dikelilingi oleh kerimbunan hutan yang cocok untuk menjelajahi alam dan mendaki gunung.







Saat kami datang ke istana ini, bagian dalamnya sedang ditutup dan istananya sedang diperbaiki. Para pengunjung bisa mendatangi bagian luar istana dan berjalan-jalan di sekitarnya tanpa dipungut biaya. Mungkin saat bagian dalam istana batu ini dibuka lagi di musim semi, kami bisa melihat dan mengaguminya lebih dekat. Sementara itu, kami mengagumi kehebatan bangunan yang didirikan selama lima tahun dari tahun 1914 - 1919 oleh 20 orang pekerja ini, cukup dari luarnya. Itu saja sudah penuh dengan decak kagum akan keunikkannya. Di sekitar istana, terdapat batu-batuan atau mineral yang sangat cocok bagi pecinta dan pemerhati mineral. Formasi dari batu-batuan yang terkenal di daerah ini berupa Hebron Formation, yang terdiri dari batu-batuan  gneiss (baca: nice) dan pegmatite. Selain itu, masih ada beberapa jenis batu-batuan yang salah satunya garnets, yang biasa dipakai untuk dijadikan perhiasan. Di gedung penerimaan pengunjung (visitor center), terdapat butiran batu-batu garnet yang tersebar di anak tangganya. Tidak lupa, di berbagai penjuru terdapat keunikkan di halaman istana yang salah satunya berupa vegetable cellar, atau ruangan untuk menyimpan sayuran yang suhunya cukup sejuk dan bebas dari sinar matahari.








William Hooker Gillette semasa hidupnya terkenal sebagai seorang pemain teater dan sempat bermain untuk film bisu. Dia dikenal akan perannya menjadi Sherlock Holmes. Selain menjadi aktor, Gillette itu adalah seorang penulis novel, sutradara, produser dan penulis naskah drama (playwright), serta pencipta beberapa ketrampilan panggung. William Gillette adalah putra mantan senator Amerika Serikat, Francis Gillette, dan lahir di ibukota negara bagian Connecticut, Hartford pada tahun 1853. Gillette adalah keturunan dari pendiri kota Hartford, Thomas Hooker. Saat berkeliling menulusuri alam sekitar Gillette Castle, pemandangan yang paling berkesan tentunya Connecticut River yang membentang di bawah perbukitan. Terlihat ferry yang hilir-mudik membawa kendaraan menyeberangi sungai. Saat kami berada di puncak Connecticut River Valley itu, matahari hampir terbenam dan pemandangannya luar biasa indahnya.








2 comments:

  1. bagus ya...dan gak terlihat angker......atau mistis2 gitu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Na, nggak kayak istana serem atau yg dibuat serem pakai menyan, hahaha. Istananya anggun & kelihatannya terpelajar.

      Delete