Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Monday, November 5, 2012

Terong dan Veal Fra Diavolo

Pada dasarnya, saya itu kurang suka makan terong. Kalau mendiang mama dulu masak Lodeh pakai terong, saya setengah hati makannya. Tapi suami saya suka makan terong. Saat kami pergi ke supermarket Minggu lalu, kami melihat seonggok terong besar yang montok bentuknya dan ungu gelap warnanya. Suami saya melihat itu langsung mengambil satu dan menyodorkan ke saya,"Kamu bikin sesuatu deh", mintanya. Sesudah itu saya berpikir, enaknya dimasak dengan daging dan saya memilih "veal" atau daging sapi muda. Tapi ternyata menentukan bumbu apa yang saya mau pakai untuk memasak terong dan veal-nya cukup lama, sementara suami menagih terus. Hari ini, saya menimbang sekaligus karena penasaran, saya memutuskan untuk membuat saus Fra Diavolo. Kebetulan suami pernah penasaran Fra Diavolo itu apa. Yaitu saus pedas yang sebetulnya tidak ada patokan bahan dasarnya mesti tertentu, tergantung si pemasaknya. Fra Diavolo berarti "brother devil" muncul dari sebuah legenda dari Italy dan diciptakan oleh orang Italy yang ada di Amerika. Fra Diavolo versi saya ternyata benar-benar mantap, padahal saya benar-benar menjajal saja memasukkan bahan A, B, C. Silahkan yang tertarik dengan resepnya, ada di bawah ini:


TERONG & VEAL FRA DIAVOLO


BAHAN-BAHAN:

1 Buah terong ukuran besar
1 Pound daging veal (jenis yang untuk stew)
4 Buah cabai merah besar (jenis long hot pepper)
2 Buah tomat (saya memakai yang jenis tomato on the vine)
4 Buah bawang putih
Separuh bawang bombai
1/8 Sendok teh bumbu Five Spices
2 Lembar daun salam
Caraway
Cilantro (pakai yang segar atau kering)
Thyme
Minyak goreng

CARA MEMBUATNYA:

 

1.  Potong terongnya seukuran dengan daging veal-nya. Taburkan garam sedikit ke atas daging veal-nya dan diamkan beberapa saat. 

2.  Potong bawang bombainya menjadi kotak-kotak kecil, dan geprak bawang putihnya.

3. Masukkan ke dalam blender, tomat, cabai merah dan 1/8 bumbu Five Spices. Tambahkan minyak goreng, lalu haluskan dan sisihkan.

4. Panaskan wajan dan tuangkan minyak goreng. Tumis potongan bawang bombai dan bawang putih sampai wangi, lalu masukkan daging veal-nya. Biarkan daging sampai berubah warna bolak-balik.

5. Masukkan bumbu halus campuran tomat, cabai dan Five Spices dan daun salam ke dalam wajan. Aduk-aduk lalu tambahkan thyme dan caraway.

6. Tunggu sampai 10 menit, kemudian masukkan potongan terong. Tambahkan rajangan cilantro dan masak dengan api kecil sampai daging terlihat empuk, tapi jangan sampai terongnya hancur.

7. Hidangkan, bisa dimakan begitu saja atau pakai nasi.


Selamat mencoba!






2 comments:

  1. glek...mengiurkan..... (Cilantro itu apa Dian?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cilantro itu daunnya pohon ketumbar (corriander),Na. Kalau di Indonesia seledri. Padahal kalau di Amerika, yang namanya celery itu beda.

      Delete