Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Tuesday, September 3, 2013

Sekilas Tentang Wilmington: Jasper Crane Rose Garden dan Bringhurst Fountain

Negara bagian Delaware adalah negara bagian pertama Amerika Serikat. Ini karena pada tanggal 7 Desember 1787, perwakilan Delaware menandatangani United States Constitution (UUD) dan kemudian menjadikannya negara bagian pertama dari negara baru bernama United States of America. Dalam sejarah terbentuknya Amerika Serikat, Delaware dengan ibukotanya Wilmington, merupakan bagian yang penting. Saat perayaan hari kemerdekaan Amerika tanggal 4 Juli yang baru lewat, saya dan keluarga memutuskan untuk berlibur dan mengunjungi kota Wilmington ini. Kota kecil di negara bagian yang termasuk mungil luasnya ini berjarak kurang dari 30 menit dari kota Philadelphia, ibukota negara bagian Pennsylvania. Kalau Wilmington dibandingkan dengan Philadelphia, berbeda sekali dari segi keramaian dan daya tariknya. Kota Philadelphia sendiri adalah kota tempat Declaration of Independence atau pencetusan kemerdekaan lahir pada tangal 4 Juli 1776. Saat perayaan Fourth of July, kota Wilmington seakan kota mati dan sepi sekali, berbeda dengan Philadelphia yang ramai dengan berbagai perayaan menyambut hari kemerdekaan Amerika. Bahkan restoran pun tutup saat Fourth of July di Wilmington.

Salah satu tempat yang kami kunjungi saat ke kota Wilmington adalah sebuah taman yang diurus negara bagian atau "state park" bernama Brandywine Park. Brandywine Park merupakan taman kota terbesar di Delaware dan mencakup luas 178 acres atau 72.034 hektar. Letak taman ini sepanjang 1 mile atau 1,6 km di pinggiran Brandywine Creek. Wilmington Board of Park Commissioners membentuk taman kota ini pada tahun 1885 dan Brandywine Park terdiri dari 3 bagian yang berada berdekatan dengan daya tarik yang unik masing-masing:

- Brandywine Zoo, sebuah kebun binatang yang binatang penghuninya cukup menarik dan merupakan kebun binatang satu-satunya di Delaware. Kebun binatang ini adalah kebun binatang terkecil yang pernah kami kunjungi.

- Jasper Crane Rose Garden dan Bringhurst Fountain; dan
- Josephine Fountain yang dikelilingi pohon-pohon cherry blossoms. Sayangnya kami datang saat musim panas berlangsung dan bunga-bunga cherry sudah berhenti berbunga. 


Air mancur bernama Bringhurst Fountain yang dibangun pada tahun 1872 sudah berfungsi selama bertahun-tahun memberikan warga Wilmington air minum dan juga untuk kuda (penarik kereta). Pada tahun 2000, Jasper Crane Rose Garden diatur pengairannya dan kemudian ditanami dengan berbagai macam mawar sebanyak 450 bunga dari 52 jenis. Bringhurst Fountain yang merupakan simbol penghormatan pada Ferris Bringhurst, orang pertama yang memulai Wilmington Fountain Society, dipindahkan dari tempat awalnya di Jasper Crane Rose Garden ke dekat pinggiran sungai dan menjadi monumen (airnya tidak lagi keluar). Sewaktu saya berkeliling mengagumi taman mawar yang intim itu, bunga-bunga mawar belum banyak yang mekar. Beberapa mawar berwarna kuning dan merah muda terlihat di beberapa pohon. Burung-burung Robin terlihat banyak di situ, asyik mencari makan dan bercengkrama. Jasper Crane Rose Garden terlindungi oleh beberapa pohon besar yang teduh dan letaknya yang dekat dengan Brandywine Zoo, bisa menghibur siapapun yang ingin bersantai, terutama ibu yang kelelahan menemani anak-anaknya di kebun binatang.

Photo: Bringhurst Fountain  terlihat di kejauhan, berubah fungsinya menjadi sebuah monumen, bukan lagi sebuah air mancur.











4 comments:

  1. Hmmm senangnya diajak jalan2 sm Dian...thanks Dian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali, Na. Buat studi banding nih, taman kota nggak harus luas kok, tapi kalau asri dan pengairannya bagus, bisa bertahan lama dan jadi hiburan banyak orang.

      Delete
  2. Nice one. Duduk2 gelar tikar , baca buku, sambil makan camilan enak deh ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar itu, mbak. Asyik ya kalau melihat taman asri begini.

      Delete