Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Tuesday, January 1, 2013

Berkunjung ke MIT Museum

Sabtu pagi terakhir di tahun 2012, kami sampai di kota Cambridge, tepatnya di jalan bernama Massachusetts Avenue. Tujuan kami di hari yang mendung itu adalah MIT Museum. MIT atau Massachusetts Institute of Technology, adalah satu dari sekian banyak perguruan tinggi yang ada di kota Boston dan sekitarnya. MIT didirikan oleh William Barton Rogers pada tahun 1861 dan merupakan satu dari perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat, terutama yang menyangkut bidang-bidang ilmu pengetahuan alam dan matematika. Jadi sudah terbayang apa saja koleksi MIT Museum, yang saat kami datangi baru saja buka itu. Museum ini cocok sekali untuk anak-anak terutama seusia anak-anak kami, antara 9-13 tahun.

Di lantai dasar MIT Museum terdapat beberapa obyek seperti hologram besar bergambar penyanyi reggae Bob Marley. Ada juga beberapa komputer yang berisi penjelasan mengenai obyek yang sedang dipamerkan, atau seperti yang dimainkan putri kami, sebuah game yang mengacu pada tes psikologi para pemainnya. Game ini bernama Gambit, berupa permainan seperti puzzle yang pemainnya berusaha mencocokkan benda-benda tertentu pada pasangannya. Kalau pemainnya gagal mencocokkan dengan cepat, maka akan muncul kata-kata ejekan yang cukup menyakitkan, menghina si pemain. Lantai pertama MIT Museum tidak memiliki ruang terpisah antara tempat pembelian karcis yang sekaligus pusat info, tempat beberapa obyek dipamerkan dan toko souvenirnya.






Di lantai dua MIT Museum, begitu menaiki tangga, obyek yang dipamerkan adalah beberapa macam jenis kamera Polaroid dari berbagai tahun produksi dan juga prototype-nya. Edwin Land menemukan kamera instant Polaroid di Massachusetts pada tahun 1947. Beberapa hasil jepretan selagi masa percobaan kamera Polaroid baru saja ditemukan ada pula, termasuk photo-photo Edwin Land. Di dinding yang berlawanan dengan rak kaca berisi berbagai kamera Polaroid, terdapat photo Lady Gaga yang diambil dengan sebuah kamera Polaroid kuno yang turut dipamerkan.




Selain pameran tentang kamera Polaroid, di lantai dua MIT Museum memajang berbagai hasil penelitian dalam bidang Artificial Intelligence berupa robot yang beragam kebisaannya. Ada robot yang diberi nama Kismet, yang bisa mengenali hubungan sosial dengan manusia dan menanggapinya lewat mimik wajah yang beragam sesuai emosinya. Ada pula robot yang menyerupai tuna, yang dibuat untuk meneliti teknik renang ikan tuna. Tiap obyek yang dipamerkan di MIT Museum bisa membuka wawasan tiap pengunjung tua dan muda mengenai perkembangan teknologi dan keterlibatan MIT dengan berbagai segi kehidupan di masyarakat.








No comments:

Post a Comment