Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Thursday, December 27, 2012

Mengagumi Jembatan Tertutup di New England

Satu dari sekian banyak daya tarik daerah New England adalah jembatan tertutupnya yang sebagian dibangun di era 1800-an. Daerah New England terdiri dari beberapa negara bagian di kawasan timur Amerika Serikat, yaitu: Vermont, New Hampshire, Maine, Connecticut, Massachusetts dan Rhode Island. Jembatan-jembatan ini dibangun tertutup untuk melindungi bahan bangunan yang dipakai untuk mendirikan jembatannya, dan supaya lebih awet. Keunikkan masing-masing jembatan beserta pemandangan di sekelilingnya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri saat berjalan-jalan ke pelosok New England. Sebelum mendatangi tempat-tempat dimana jembatan tertutup ini berada, ada baiknya mencari keterangan dulu dimana letaknya. Karena kebanyakkan dari jembatan tertutup ini berapa di desa atau kota kecil. Ada 4 jembatan tertutup yang sudah saya temui yang niat awalnya bukan untuk khusus melihat jembatan tersebut. Tapi sewaktu seorang kawan mengajak saya melihat jembatan tertutup terpanjang di Amerika Serikat di dekat tempat tinggalnya, saya menjadi tertarik dengan jembatan tertutup di New England. 

Jembatan tertutup pertama yang membuat saya tertarik dengan jembatan tertutup di New England adalah jembatan kayu tertutup terpanjang di Amerika Serikat dan juga jembatan terpanjang di dunia yang menyatukan dua bagian bentangannya. Jembatan ini terletak di perbatasan dua negara bagian New Hampshire dan Vermont yang membentang di atas sungai Connecticut. Jembatan bernama CORNISH-WINDSOR BRIDGE ini menghubungkan kota Cornish di New Hampshire dan Windsor di Vermont, dan didirikan pada tahun 1866. Panjang jembatan ini 449 kaki 5 inches atau 136.85 meter, menggabungkan dua bentangan sepanjang 204 kaki dan 203 kaki, dengan lebar 12 kaki 9 inches atau 7.3 meter. Style dari jembatan tertutup ini adalah "town lattice truss".






Jembatan tertutup selanjutnya yang saya datangi saat berada di negara bagian Vermont adalah sebuah jembatan di kota Woodstock bernama TAFTSVILLE BRIDGE. Jembatan ini membentang di atas sungai Ottauquechee, dengan total panjang 190 kaki atau 57.912 meter. Dua kota yang dihubungkan oleh jembatan Taftsville adalah Quechee dan Woodstock. Jembatan ini dibangun tahun 1836 dengan style "multiple king post, queen post" terdiri dari lengkungan dan tombak besi, dan merupakan jembatan tertutup tertua ketiga di Vermont.







Perjalanan saya di Vermont kemudian membawa saya ke kota cantik bernama Woodstock yang di dekat alun-alun kotanya terdapat sebuah jembatan tertutup. Tapi jembatan ini dibangun di abad modern yaitu di tahun 1969 oleh Milton Graton & Sons. Jembatan bernama MIDDLE BRIDGE ini membentang di atas sungai Ottauquechee, menghubungkan Mountain Avenue dan alun-alun kota. Panjang jembatan adalah 125 kaki atau 38.1 meter.






Jembatan tertutup selanjutnya yang saya datangi terletak di museum hidup bernama Old Sturbridge Village (OSV) di negara bagian Massachusetts. Jembatan ini tadinya berada di kota Dummerston di Vermont, yang kemudian dicopot bagian demi bagiannya, dipindahkan dan dipasang lagi di Old Sturbridge Village.Jembatan ini dulunya bernama Taft Bridge yang didirikan tahun 1874 dan dipindah ke OSV tahun 1952. Jembatan yang memiliki style "single-web", "single-chord", "wooden lattice truss" ini dipatenkan oleh arsitek dari Connecticut, Ithiel Town pada tahun 1820. Sungai Quinebaug mengalir di bawah jembatan ini, yang membentang sepanjang 55 kaki atau 16.764 meter.





2 comments:

  1. gak terbayangkan sebelumnya am aku Dian, klo ada jembatan yg seperti ini. Sdh begitu kayu2nya awet banget yaaa..... Thanks Dian sudah share, aku jadi tambah pengetahuan deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang bisa berbagi pengetahuan & pengalaman, Na.

      Delete