Welcome to My Sanctuary

If you are a dreamer, come in.
If you are a dreamer, a wisher, a liar,
A hope-er, a pray-er, a magic bean buyer...
If you're a pretender, come sit by my fire.
For we have some flax-golden tales to spin.
Come in!
Come in!


(INVITATION - Shel Silverstein)

Monday, December 10, 2012

Ikan Swai Teriyaki Panggang dan Paprika

Ikan Swai adalah jenis ikan yang sepertinya baru saja dikenal dan dipasarkan di Amerika Serikat. Ikan ini asalnya dari Vietnam dan merupakan jenis ikan lele atau catfish dalam bahasa Inggrisnya. Wujud dari ikan Swai kurang menarik dan cenderung menyeramkan (lihat DI SINI). Di pasar Amerika, ikan Swai dijual dalam bentuk fillet. Kebetulan minggu lalu saat saya berbelanja ke supermarket ada penawaran beli 1 gratis 1 sekantong Swai fillet. Satu kantongnya berisi 3 potong fillet sebesar 1,5 telapak tangan orang dewasa. Kemudian untuk memasaknya saya buat sendiri kreasi resep menggunakan saus Teriyaki racikan saya sendiri. Resep itu berupa IKAN SWAI TERIYAKI PANGGANG DAN PAPRIKA. Saya memilih paprika karena saya tahu aromanya akan menggiurkan kalau dipanggang dan cocok sekali dengan ikannya. Resep saya ini, yang merupakan uji coba pertama, hasilnya sangat memuaskan. Keluarga saya suka sekali dengan ikan Swai Teriyaki panggangnya. Daging ikannya sesudah dipanggang, lembut dan sedikit berlemak, belum lagi aroma dari paprika yang bercampur dengan saus Teriyakinya, sungguh menggiurkan. Silahkan mencoba resep saya di bawah ini:

BAHAN-BAHAN:


  • Fillet ikan Swai (2 kantong = 6 buah)
  • 4 Buah paprika, potong dadu
  • 4 Buah bawang putih, potong kecil dan halus
  • Pinggan tahan panas (Pyrex)
Untuk saus Teriyakinya: 
  • Saus Hoisin 1/3 cup
  • Kecap manis 1/6 cup
  • Kecap Worchestershire 6 sendok makan

CARA MEMBUATNYA:

  1.  Panaskan oven dengan suhu 375 derajat Fahrenheit atau 190 derajat Celcius.
  2. Siapkan saus Teriyakinya dengan mencampur saus Hoisin, kecap manis dan kecap Worchestershire-nya. 
  3. Tambahkan potongan bawang putih ke dalam saus teriyakinya, lalu aduk.
  4. Kemudian tambahkan potongan paprikanya dan aduk rata.
  5. Siapkan fillet ikan Swai di pinggan tahan panas dan siram dengan saus Teriyaki yang tercampur dengan paprika dan bawang putih, lalu ratakan.
  6. Masukkan pinggan tahan panas berisi ikannya ke dalam oven dan panggang selama 45 menit atau sampai paprikanya terlihat kecoklatan.
(CATATAN: kalau tidak ada ikan Swai, ganti dengan fillet ikan yang dagingnya putih seperti ikan Cod atau Haddock, bisa juga memakai ikan Salmon.)




No comments:

Post a Comment